Tumbuhan Hijau

A. Pembuatan Makanan Pada Tumbuhan Hijau

Bagaimanakah cara tumbuhan berhijaudaun membuat makanan? Perhatikan dahulu tumbuhan hjau yang asa di sekelilingmu. Warna hijau pada daun disebabkan daun-daun mengandung zat hijau daun yang di sebut klorofil.

Dengan klorofil itulah, tumbuhan hijau dapat megolah makanannya. Perhatikan gambar di samping.

1. Proses Tumbuhan Hijau Membuat Makanan

Untuk membuat makanan, tumbuha memerlukan bahan-bahan,Bahan-Bahan yang dibutuhkan adalah air an karbon dioksida (CO2). Tumbuhan mengambil air tersebut dengan cara menyerapnya dari dalam tanah. Bagian tumbuhan yang bertugas menyerapnya adalah akar, khususnya rambut akar.

Rambut akar mempunyai bentuk yang halus sehingga mudah menyussup ke dalam sela-sela taanah. Air yang diserap oleh rambut akar naik ke batang melalui pembuluh kayu. Kemudian, air akan disebarkan ke semua bagian tumbuhan, seperti ranting dan daun.

Karbon dioksida dari udara masuk ke tumbuhan melalui stomata dan lentisel. Stomata adalah lubang-lubang kecil yang terbapat pada permukaan daun bagian bawah. Lentisel adalah lubang-lubang kecil yang terdapat pada batang.

Air dan karbon dioksida dapat di olah menjadi makanan (karbohidrat) yang di perlukan oleh tumbuhan. Pembuatan makanan terjadi di daun yang banyak mengandung klorofil. Untuk membuat makanan, tumbuhan cahaya sebagai sumber tenaga atau energi. Energi cahaya yang mengenai daun di serap oleh klorofil. Energi tersebut dipakai oleh klorofil untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi karbohidrat dan oksigen. Proses pembuatan makananpada tumbuhan dengan bantuan cahaya disebut fotosintesis. Reaksi fotosintesis dapat dituliskan sebagai berikut :

2. Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan Tumbuhan Hijau

Tumbuhan hijau memerlukan cahaya, khususnya cahaya matahari, yang cukup untuk pertumbuhannya. Di tempat yang cukup mendapat cahaya matahari, daun tumbuhan terlihat lebih hijau. Sebaliknya, di tempat yang kurang mendapat cahaya matahari, warna daun terlihat lebih pucat, Selain itu, tanaman yang kurang mendapat cahaya matahari akan tumbuh tidak normal, yaitu mempunyai batang yang lebih tinggi dan daun yang kecil.

3. Sebagian Hasil Fotosintesis Disimpan sebagai Makaan Cadangan

Manusia dapat tumbuh karena makanan. Begitu juga dengan tumbuhan hijau. Pada proses fotosintesis, dihasilkan karbohidrat dan oksigen. Karbohidrat digunakan oleh tumbuhan hijau untuk tumbuh, memperbanyak diri, dan sebagaian  disimpan sebagai cadangan makanan. Tumbuhan tertentu menyimpan makanan cadangan di umbi, buah, biji, atau batang.

Untuk mengenal jenis-jenis tumbuhanyang menyimpan cadangan makanan uraian berikut :

a.Tumbuhan yang menyimpan makanan cadangan di dalam umbi

termasuk daam golongan ini antar lain kentang, wortel, talas, singkong, bawang merah, dan ubi jalar.

b.Tumbuhan yang menyimpan makanan cadangan di dalam buah

termasuk daam golongan ini antar lain apokat, mangga, jeruk, apel, nanas, pisang, pepaya, durian,dan anggur.

c.Tumbuhan yang menyimpan makanan cadangan di dalam biji.

termasuk daam golongan ini antar lain kacang tanah,  kacang kedelai,  kacang merah,  dan kacang hijau.

b.Tumbuhan yang menyimpan makanan cadangan di dalam batang.

termasuk daam golongan ini antar lain tebu dan sagu.

.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s